5 Alasan Kenapa Harus Berwisata ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Objek Wisata Alam Terfavorit di Jakarta

5 Alasan Harus Menyempatkan Diri Berwisata ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang memiliki banyak keindahan laut dan wisata air yang mempesona. Selain kesenangan, kita juga dapat menimba banyak ilmu Seperti yang sudah kita ketahui, Negara Indonesia tercinta kita ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu Negara tropis dan kepulauan terbesar di dunia. Mulai dari Sabang sampai Meraoke, Negara Indonesia memiliki beragam keunikan dan keindahan yang tentunya tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Baik dari segi budaya, adat istiadat, keanekaragaman flora dan fauna, keanekaragaman kuliner, lagu-lagu daerah, pakaian adat, senjata dan aksesoris, serta dari keberagaman dan keunikan tempat wisatanya yang ada di setiap daerahnya. Banyaknya faktor-faktor keunikan dan keberagaman itulah yang kemudian menarik para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung dan berwisata di Indonesia.

Untuk tempat-tempat tujuan wisata di Indonesia sendiri sangat banyak. Contohnya tempat-tempat indah seperti pantai, air terjun, danau, waduk, candi, goa, kebun buah, kebun bunga, dan masih banyak lagi wisata alam maupun wisata air lainnya. Dari berbagai macam tempat wisata terkenal di Indonesia, salah satu tempat wisata terkenal yang patut anda kunjungi sebagai salah satu tujuan wisata anda selanjutnya yaitu Pulau Tidung, Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata yang mempunyai banyak sekali pesona dan keindahan yang sangat sayang  jika kita lewatkan karena itu anda sebaiknya mengetahui apa saja yang ditawarkan

Hal-hal Menarik Dari Pulau Tidung

Jika kita berbicara mengenai keunikan dari Pulau Tidung, tentunya akan sangat banyak yang dapat kita nikmati. Dan karena itu banyak alasan bagi anda untuk berkunjung ke Pulau Tidung ini. alasan-alasan tersebut adalah:

  1. Panorama Alam yang Memanjakan dan Mempesona

Pulau Tidung terletak di sebelah selatan dari Kepulauan Seribu dan di bagian utara Jakarta. PUlau ini bisa dibilang masih bagian dari wilayah Kepulauan Seribu. Luasnya hanya sekitar 109 hektar dan berpenduduk sekitar 5000 jiwa. Pulau Tidung sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua Pulau yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Namun penduduk dari Pulau Tidung hanya tinggal di Pulau Tidung Besar sedangkan Pulau Tidung kecil digunakan sebagai tempat pengembangbiakan tumbuhan mangrove.

Jika anda berkunjung ke pulau ini, anda pasti kaget dengan panorama yang disuguhkan karena pastinya dapat memanjakan mata anda danmemikat hati anda agar berlama-lama di pulau tersebut. Banyak yang bisa anda nikamati di sana terutama pantai yang berpasir putih dan cantik serta pemandangan lautan yang jernih, biru dan membentang luas. Selain itu anda juga bisa melihat aktivitas sehari-hari dari para penduduk yang tinggal di Pulau Tidung Besar. Dan masih banyak lagi hal menarik lain yang bisa anda nikmati di sana.

  1. Menikmati Hutan Mangrove di Pulau Tidung kecil

Seperti yang sudah disebutkan di atas, hanya Pulau Tidung Besar yang dihuni oleh para penduduk, sedangkan Pulau Tidung Kecil tidak. Di Pulau tersebut dijadikan tempat untuk pengembangbiakan hutan mangrove yang kemudian bisa juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata di sana karena ikendahan dan pesonanya.

Hutan Mangrove tersebut memang sengaja dibudidayakan oleh masyarakat sekitar dengan tujuan untuk menyeimbangkan ekosistem yang ada di Pulau Tidung. Hutan tersebut berfungsi untuk membantu menanggulangi pengikisan pesisir pantai dan juga sangat berguna untuk hal lainnya seperti menjaga kelestarian alam di sekitar Pulau Tidung. Selain itu dengan adanya budidaya hutan mangrove tersebut, kita tidak hanya bisa menikmati pemandangannya tetapi kita juga bisa ikut membantu menanam pohon mangrove disana. Dengan begitu kita juga bisa mendapatkan nilai-nilai pendidikan yang bagus untuk pengetahuan kita.

  1. Mengunjungi Makan Keramat di Pulau Tidung Kecil
READ  jalaur kapal tranfortasi ke Pulau Pari kepulauan seribu jakarta

Selain sebagai tempat pengembangbiakan tanaman mangrove, Pulau Tidung kecil juga dimanfaatkan sebagai tempat pemakaman dari para warga yang tinggal di Pulau Tidung Besar. Dan salah satunya adalah makan dari seorang Panglima yang terkenal dan dikeramatkan di Pulau tersebut. Makam ini sering dikunjungi oleh para wisatawan. Namun di sana memang tidak diberikan fasilitas untuk berwisata. Karena biasanya wisatawan menikmati keindahan pantai, lautan, mangrove, serta mengunjungi makam keramat yang ada di Pulau Tidung Kecil dengan berjalan kaki atau bersepeda di jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang yang indah.

Dengan adanya pengembangbiakan hutan mangrove dan makan keramat, menjadikan berwisata ke Pulau Tidung khususnya di Pulau Tidung Kecil menjadi lebih bermanfaat. Hal ini karena tidak hanya bisa menikmati berbagai pemandangan yang indah dan mempesona, namun kita juga bisa mendapatkan nilai-nilai pendidikan maupun nilai sejarah yang berguna untuk kita.

  1. Mengabadikan Moment Spesial di Jembatan Cinta

Seperti yang sudah kita ketahui dari informasi sebelumnya bahwa Pulau Tidung dibagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Untuk menghubungkan kedua pulau tersebut dibangunlah sebuah jembatan yang disebut dengan Jembatan Cinta. Jadi, jika dari Pulau Tidung Besar anda ingin berkunjung ke Pulau Tidung Kecil, maka anda akan otomatis melewati jembatan yang unik ini.

Mengapa jembatan tersebut dikatakan unik? Hal ini karena selain anda bisa menikmati pemandangan alam dan lautan yang menakjubkan dari atas jembatan, anda juga bisa menyaksikan aksi-aksi dari anak kecil penduduk setempat yang beramai-ramai melakukan atraksi lompat ke lautan dari jembatan cinta dengan memamerkan beragam lompatan yang menarik.

Tidak hanya menikmati,pemandangan itu, anda bahkan bisa ikut anak-anak kecil tersebut melompat ke lautan dan berenang sambil menikmati pemandangan alam yang mempesona. Selain itu tentunya setiap moment memang harus diabadikan dan salah satu caranya adalah melalui foto. Jembatan Cinta ini bisa menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto yang indah dan wajib diabadikan, terutama jika anda berkunjung ke Pulau Tidung bersama orang-orang special bagi anda.

  1. Biaya Paket Wisata yang terjangkau

Bagi anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pergi berwisata ke Pulau Tidung bisa sangat terjangkau. Selain itu akomodasi dan fasilitas yang disediakan di sana juga sudah cukup lengkap sehingga bisa lebih memudahkan anda dalam berwisata ke Pulau Tidung.

Selain itu untuk anda yang bertempat tinggal di luar Jakarta dan sekitarnya, anda tidak perlu khawatir juga dengan keperluan akomodasi dan biayanya, terutama jika anda pergi berwisata dengan keluarga, saudara, atau teman-teman anda. Karena saat ini sudah banyak agen wisata yang menawarkan pakat wisata yang murah dan terjangkau bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau Tidung lengkap dengan pemandu yang senantiasa akan menemani dan memandu anda saat mengahbiskan waktu anda di pulau tersebut.

Dengan keunikan dan pesona yang dimiliki oleh Pulau Tidung, maka akan sangat disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk berkunjung dan berwisata di sana. Karena itu sebaiknya anda mengatur jadwal kesibukan anda dan usahakan diri anda untuk berwisata sejenak ke pulau ini. terutama bagi anda yang berdomisili di Jakarta atau kota-kota sekitarnya. Pulau Tidung bisa menjadi salah satu tujuan favorit bagi anda bersama saudara, keluarga,maupun teman-teman anda. Liburan ke pulau pari

Related Post

Dana Rp. 5,6 triliun Disiapkan Untuk Menjadikan Pulau Seribu Destinasi Wisata Dunia Wisatapulaupari.com. Wisatawan lokal maupun mancanegara semakin mencintai kepulauan seribu. Pariwisata ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya, khususnya di pulau seribu. Bahkan menurut Tri Djoko Sri Margianto, Bu...
Pulau Patondan Timur Tempat dan Lokasi Favorit Pecinta Diving Wisatapulaupari.com. Tempat dan Lokasi Favorit Pecinta Diving. Pulau Patondan Timur juga merupakan salah satu kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km pada lokasi geografis 5°23’ - 5°40’ LS, 106°25’ - 106°37’ BT s...
Mana yang paling indah? Pulau Tidung Besar VS Pulau Tidung Kecil Jika kalian ke pulau tidung kalian akan di sambut dua pulau bersaudara yang di pisahkan oleh jembatan yang dinamakan jembatan cinta. Mana yang paling indah? Pulau Tidung Besar ataukah Pulau Tidung Kecil. Siapa yang tak kenal dengan Pulau Tidung, pula...
Harta karun misteri pulau onrust kepulauan seribu jakarta Harta karun misteri pulau onrust kepulauan seribu jakarta. Berkunjung di obyek wisata pulau onrust, pulau yang banyak sejarahnya dari jaman penjajahan, salah satu pulau di kepulauan seribu ini menyimpan banyak kenangan dan peninggalan yang bisa menja...
Rekomendasi oleh-oleh wisata Pulau pari jajanan di Pulau Pari di tidak berbeda jauh dengan jajanan yang berada di jakarta seperti hanya sembako, atau  cemilan yang lainya di Pulau Pari anda bisa mendapatkan jajanan has Pulau Pari kepulauan seribu ini yaitu keripik sukun karna kerena sangat...